Kelebihan dan Kekurangan Pinjaman Uang Melalui Online


Kelebihan dan Kekurangan Pinjaman Uang Melalui Online

Kebutuhan yang terus mendesak dan meningkat membuat sebagian orang mengalami kesulitan dalam mengatur dana maupun memenuhi kebutuhannya. Hal ini mengakibatkan kebutuhan dana yang tidak terkendali sehingga sebagian orang mencari pinjaman untuk menutupi kebutuhan mendesaknya.
Seiring perkembangan waktu, banyak pinjaman online yang berkembang dengan pesat dan saling berlomba memberikan kemudahan dan menawarkan promo kepada calon nasabahnya agar melakukan pinjaman secara online.  Sebelum mengajukan pinjaman, pastikan Anda memahami kelebihan dan kekurangan dari pinjaman online.

Kelebihan dari Pinjaman Online

Saat adanya kebutuhan mendesak seperti renovasi rumah, biaya berobat di rumah sakit, biaya pendidikan, hingga biaya untuk modal pernikahan, tentu Anda dapat melakukan pinjaman online yang relatif cepat dalam proses pembukaan pinjaman baru hingga proses pencairan yang cukup cepat yaitu antara satu hingga 3 hari saja dibandingkan meminjam dana kepada bank atau secara offline. 
Pinjaman online juga memiliki syarat yang cukup mudah Anda penuhi dan tidak memberatkan karena tanpa adanya jaminan atas pinjaman dana yang anda butuhkan. Biasanya pinjaman uang secara online hanya membutuhkan informasi diri, informasi pekerjaan, informasi kontak darurat dan foto (KTP, NPWP, dan slip gaji).
Pinjaman online juga cukup mudah karena hanya menggunakan gadget dan jaringan internet, tanpa repot mendatangi kantor cabang. Hal ini tentu sangat menguntungkan bagi Anda yang terlalu sibuk, sehingga dengan adanya kemudahan ini Anda apat melakukan pinjaman dana dengan mudah, cepat, dan tanpa repot.

Kekurangan dari Pinjaman Online

Adanya kelebihan, pasti tidak lepas dari kekurangan pinjaman dana online yang Anda pilih. Kekurangan pinjaman melalui online yaitu sistem bunga secara harian, yang tentu berbeda dari pinjaman melalui bank dengan penerapan sistem bunga secara bulanan dan tidak memberatkan Anda sebagai nasabah. 
Jika Anda akan melakukan pinjaman melalui online dengan masa peminjaman yang singkat, tentu bunga yang diberikan tidak terlalu memberatkan. Namun berbeda halnya apabila Anda mengambil peminjaman yang cukup lama sehingga bunga yang diberikan akan cukup memberatkan. 
Pinjaman online biasanya hanya membutuhkan waktu antara 1-3 hari saja untuk melakukan pencairan dana, sehingga hal tersebut berpengaruh terhadap banyaknya pinjaman yang diberikan. Berbeda dengan melakukan pinjaman secara offline atau melalui bank, yang akan memberikan pinjaman yang cukup besar hingga Rp 500 juta. Namun batasan dana yang tidak terlalu besar ini juga menjadi kelebihan karena tidak adanya jaminan saat melakukan pinjaman. 
Itulah kelebihan dan kekurangan dari pinjaman uang yang dapat anda lakukan dari pinjaman Online. Perlu diketahui untuk menggunakan dana pinjaman dengan bijak, sesuai jalur-jalur yang telah Anda persiapkan untuk tambahan dana. Selain itu, pastikan untuk memilih pinjaman dana secara online yang diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Komentar